Surya Dinarta

Engineer

Developer

Freelancer

Coder

Thursday, March 5, 2020

Apa itu Programming ?

Apa itu Programming ? Programming Adalah

Apa itu programming? Seringkali pertanyaan itu muncul dikalangan para mahasiswa baru yang mengambil jurusan komputer atau teknik informatika. Coding, pemrograman, website, aplikasi, dan sistem informasi menjadi perbincangan utama terkait programming.
Programming adalah sebuah proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman yang tidak hanya ada satu macam saja.
Anda bisa membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman yang mungkin berbeda dengan bahasa milik teman Anda. Tergantung bahasa pemrograman apa yang Anda kuasai dalam melakukan program sistem. Dengan Anda memahami dan mampu mengaplikasikan langsung bahasa ke dalam program.
Suatu pekerjaan programming akan sesuai dengan keinginan. Namun, untuk melakukan programming tidak hanya bahasa pemrograman saja yang dibutuhkan. Anda juga harus memahami mengenai logika, algoritma, dan pengetahuan lainnya terkait programming.
Jadi, hubungan antara semua pengetahuan tersebut merupakan kombinasi yang dapat menciptakan program yang efektif, efisien, dan dapat dijalankan sesuai rencana pembuatan. Mengapa bisa saling terkait? Inilah penjelasannya.

Logika Dan Algoritma Terkait Programming

Logika dan algoritma merupakan dua pengetahuan yang menjadi satu dalam mata pelajaran atau mata kuliah. Dalam mata pelajaran logika dan algoritma, para mahasiswa diajarkan untuk berpikir lebih tinggi dan superior dalam memecahkan suatu permasalahan.
apa itu programming
Dari sana, Anda bisa menghasilkan jalan keluar yang sesuai dengan logika dengan penerapan algoritma. Dalam kasus pemrograman, logika dan algoritma berperan sangat penting untuk jalannya sebuah program. Ketika Anda sedang dalam proyek pengerjaan program, logika dan algoritma ini bertugas sebagai pemberi ide, kreasi, jalan keluar, dan pengetahuan cara membuat suatu program.
Selain itu, algoritma paling cocok digunakan saat suatu keadaan tertentu. Seperti adanya error saat program sedang berjalan. Mata pelajaran yang didapat mahasiswa mengenai logika dan algoritma terlihat cukup simple dan mudah.
Namun, saat digabungkan dengan pembuatan program, Anda harus bisa menyesuaikan kondisi dengan logika dan algoritma pemrograman. Itu sebabnya, logika dan algoritma bisa juga disebut sebagai ide untuk mendapatkan jalan keluar suatu permasalahan.
Pengetahuan ini sangat penting dalam programming. Sebagai contoh Anda dan teman Anda mengerjakan suatu proyek aplikasi/program yang sama, setelah selesai Anda dan teman Anda bisa saja berbeda logika dan algoritma tapi hasilnya sama, Algoritma juga dapat sebagai jalan atau cara untuk menyelesaikan suatu program.

Bahasa Pemrograman Terkait Programming

Elemen penting selanjutnya dari programming adalah bahasa pemrograman. Jika Anda sudah benar-benar memahami logika dan algoritma, selanjutnya mempelajari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berbeda dari bahasa sehari-hari.
Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang mendukung dalam programming. Seperti bahasa C, C++, Assembly, Java, Pascal, Python, Javascript dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, bahasa pemrograman membuat suatu inputan yang akan diproses hingga menjadi sebuah output.
algoritma pada pemrograman
Tulisan dari bahasa pemrograman tersebut dapat menghasilkan sistem dan berkembang menjadi program. Umumnya untuk pemula disarankan memulai dengan bahasa pemrograman PHP terlebih di indonesia karena banyaknya dokumentasi dan tutorial yang mengupas cara-cara serta contoh-contoh kasus.
Bahasa Pemrograman Python juga merupakan yang disarankan untuk pemula dikarenakan syntaxnya yang sangat sederhana dalam penulisan serta mendukung Object Oriented Programming (OOP). Jika ingin mempelajari bahasa pemrograman python mulailah dengan memahami tipe data pada python.
Banyaknya pilihan bahasa pemrograman menjadikan para programmer memiliki pola dan ciri khas tersendiri dalam pengkodingan.

Debugging Terkait Programming

Debugging pada programming adalah  sebuah tugas yang penting dalam pengembangan perangkat pada program. Hal ini yang menentukan berjalan baik atau tidaknya sebuah program saat digunakan. Adanya debugging bertujuan untuk meminimalisir terjadinya error, crash atau tidak berjalannya sebuah program.
Sehingga, permasalahan pada program akan diketahui dengan cepat dan tanggap. Seorang programmer menulis program komputer menggunakan bahasa program tertentu untuk membuat sebuah perangkat lunak yang besar menulis dengan ribuan baris kode bahkan sampai ratusan ribu baris kode.
Biasanya pada saat proses mengerjakan program yang lama adalah proses debugging dibanding proses menulis program itu sendiri. Bug sendiri terbagi dua yaitu “syntax bug” dan “logical bug”.
Syntax bug adalah error yang disebabkan oleh si programmer karena kesalahan penulisan kode sedangkan logical bug adalah program berjalan dengan baik akan tetapi tidak sesuai yang diharapkan si programmer. Debug sering digunakan pada program pendukung programming seperti Console, NetBeans, Visual Studio, dan Eclipse.
Saat terjadinya permasalahan akan muncul perintah apa saja yang harus Anda cek kembali. Jika Anda ditanya mengenai apa itu programming, maka jawabannya adalah proses menulis dengan bahasa pemrograman, memelihara kode dengan logika algoritma, menguji dengan debugging.

Saya seorang pelajar, ayo lihat bio saya

0 comments:

Post a Comment

Contact Me

About Me

My photo
Saya seorang pelajar SMK Raden Umar Said, saya lahir di Jawa Timur kemudian tinggal di Bandung. Saya ingin belajar programming lebih dalam lagi
Powered by Blogger.

Adress/Street

Griya mandala Permai housing complex, Cicaheum, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Phone number

+(62) 8951277678

Website

https://sianakcoding.blogspot.com/

http://pkl3.4visionmedia.net/